Jumat, 13 Januari 2023

Lima cara mudah agar badan menjadi lebih sehat





Jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 di Indonesia meningkat 31 persen selama beberapa minggu terakhir. Ahli epidemiologi menganggap tempat berkumpulnya orang banyak yang tidak memiliki kebijakan penyamaran sangat berbahaya. Melihat situasi saat ini, ahli epidemiologi Australia Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah Indonesia tidak boleh lupa bahwa "kita tidak dapat lepas dari skenario dunia."

Oleh karena itu, setiap kebijakan yang dapat diterapkan atau perlu dibuang harus sejalan dengan kenyataan ini dan pada akhirnya bertujuan untuk melihat semua kasus baru COVID-19 dinyatakan selesai dan pandemi dinyatakan berakhir. Situasi global yang dimaksud adalah status pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Konsekuensi dari hal tersebut di atas, menjaga kesehatan tubuh Anda adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri Anda dari hal tersebut, dan Anda harus terus melakukannya. Satu-satunya hal yang lebih berharga daripada sebuah keluarga adalah kesehatan fisik dan mental seseorang. Pertimbangkan jumlah uang yang mungkin perlu Anda keluarkan jika Anda sakit. Apakah itu seharusnya Taj Mahal atau apa? Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk menghindari sakit adalah dengan merawat tubuh sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang.

Mengembangkan dan menerapkan gaya hidup sehat adalah langkah pertama dalam proses menjaga kesehatan fisik. Sayangnya, perang melawan virus Corona masih berlanjut hingga saat ini, dan para ahli masih mencari cara untuk menanganinya. Semua yang diminta dari Anda saat ini adalah mempertahankan kebiasaan gaya hidup sehat yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri dan mematuhi prosedur kesehatan yang telah ditentukan sebelumnya. Di bawah ini adalah lima cara mudah untuk menjaga kebugaran fisik Anda dalam kondisi yang baik:

1. Konsumsi makanan yang sangat pedas dan luar biasa.

Sejak kecil, pola makan empat makanan sehat dan lima makanan unggulan sudah tertanam kuat di benak kita. Sangat penting untuk memberi tubuh Anda makanan yang seimbang. Anda bisa memperoleh protein dari makanan seperti daging, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan ikan; karbohidrat dari makanan seperti nasi, kentang, oat, dan roti sourdough; dan sayuran dari makanan seperti salad dan buah-buahan. Selalu pastikan untuk mengonsumsi banyak buah dan sayuran, karena makanan ini sarat dengan prebiotik, vitamin, mineral, dan jenis antioksidan lainnya.

2. Rutin Olahraga Kedua

Selain mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, Anda harus ikut serta dalam aktivitas fisik secara teratur jika ingin tubuh Anda terus terasa dan bekerja dengan baik. Ada pengurangan yang signifikan pada stres dan penyakit yang dapat dicapai dengan aktivitas fisik yang konsisten. Ciptakan rutinitas di mana Anda selalu membiarkan diri Anda antara dua puluh dan tiga puluh menit setiap hari untuk melepas lelah dan menyegarkan tubuh Anda. Tidak perlu melakukan tindakan berat; sebaliknya, Anda bisa berlari atau memilih jenis olahraga yang paling menarik untuk Anda ikuti.

3. Banyak orang mengkonsumsi air bersih.

Kita tahu bahwa kopi boba dan kekinian tidak akan pernah gagal untuk meningkatkan mood kita, dan itu adalah sesuatu yang selalu bisa kita andalkan. Namun, Anda juga harus memperhatikan jumlah air bersih yang Anda konsumsi, karena fungsi organ kita yang optimal hanya dapat dicapai jika kadar air dalam tubuh kita terkendali. Anda sebaiknya menyesuaikan kebutuhan kalori berdasarkan massa tubuh dan intensitas aktivitas yang Anda lakukan. Jika aktivitas harian Anda benar-benar berat, sebaiknya perbanyaklah minum air putih.

4. Tips Tidur Nyenyak (Kelola Tidur)

Tidak dapat disangkal efek positif yang signifikan dari tidur pada tubuh Anda. Tubuh yang sehat dan seimbang, kemajuan dalam kapasitas mental, dan kemampuan untuk mengarahkan kebiasaan makan seseorang dapat dikaitkan dengan tidur yang cukup. Tidur adalah kuncinya. Minimal delapan jam tidur diperlukan untuk orang dewasa setiap hari. Orang yang tidur kurang dari enam jam per malam empat kali lebih mungkin terkena flu daripada mereka yang mendapatkan jumlah tidur yang dibutuhkan setiap malam. Kurang tidur juga dapat meningkatkan keparahan gejala pilek. Saatnya telah tiba untuk mulai memikirkan kembali kebersihan tidur yang benar.

5. Mengelola Stres

Meskipun Anda sudah mempraktikkan keempat hal yang tercantum di atas secara teratur, Anda masih menemukan bahwa Anda sangat khawatir dan sering memikirkan hal-hal yang berlebihan. Ambil tindakan pencegahan ekstra karena stres dapat membuat Anda lebih rentan sakit. Telah dibuktikan tanpa keraguan bahwa stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Orang yang berada di bawah banyak tekanan dapat menyebabkan tubuh mereka menghasilkan lebih sedikit hormon kortisol, yang membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit, dan ini dapat menyebabkan pelepasan hormon tersebut.


Sumber :

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-rsk/baca-artikel/15192/5-Tips-Menjaga-Kesehatan-Tubuh.html (diakses 13/01/2023) 17:19


Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments


EmoticonEmoticon