Rabu, 04 Januari 2023

Manfaat kopi bagi kesehatan tubuh





Kopi adalah minuman yang banyak digunakan. Kopi selalu menjadi pokok sosial, apakah Anda bertemu teman untuk bekerja, belajar, atau bro-down gaya lama yang baik. Kopi juga terkenal dengan kandungan kafein dalam kopinya yang konon bisa meningkatkan fokus dan membuat sulit melamun. Tapi, sungguh, berapa banyak dari kita yang tahu tentang kopi? Baiklah, baca seluruh artikel ini! c Kopi adalah minuman yang banyak digunakan. Kopi selalu menjadi pokok sosial, apakah Anda bertemu teman untuk bekerja, belajar, atau bro-down gaya lama yang baik. Kopi juga terkenal dengan kandungan kafein dalam kopinya yang konon bisa meningkatkan fokus dan membuat sulit melamun. Tapi, sungguh, berapa banyak dari kita yang tahu tentang kopi? Baiklah, baca seluruh artikel ini!

Kandungan kopi

Komponen kopi yang paling terkenal adalah kafein. Namun, biji kopi mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan yang baik untuk tubuh selain kafein. Zat gizi yang ada di dalam kantong biji kopi antara lain :

Vitamin B2 (riboflavin)

Vitamin B5 (asam pantotenat)

Vitamin B1 (thiamin)

Vitamin B3 (niacin)

Folat

Mangan

Kalium

Magnesium

Fosfor

Selain kandungan nutrisi berupa vitamin dan mineral yang telah disebutkan di atas, kopi juga kaya akan antioksidan. Tidak mengherankan jika mengingat komposisinya, kopi menawarkan banyak manfaat kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Manfaat minum kopi

Senyawa bermanfaat kopi yang melimpah memberikan daftar panjang manfaat kesehatan. Dari menurunkan risiko sejumlah penyakit berbeda hingga meningkatkan energi dan kebijaksanaan, ada banyak manfaat dari pola makan nabati. Manfaat minum kopi tercantum secara lebih rinci di bawah ini.

Meningkatkan energi

Salah satu manfaat utama minum kopi adalah membantu meningkatkan energi dan mengurangi gejala kelelahan. Sifat merangsang kafein yang termasuk di dalamnya bertanggung jawab atas dampak ini. Kafein bekerja dengan cara menghambat neurotransmitter adenosin; inilah salah satu alasan mengapa kopi sangat efisien dalam mengurangi efek adenosin. Karena sintesis adenosin selalu berkembang, pengerahan tenaga terus menerus hampir selalu menyebabkan kelelahan. Neurotransmiter adenosine, yang bertanggung jawab untuk iritasi dan juga rasa kantuk, dihambat oleh kafein. Kafein mencegah adenosin melakukan tugasnya, yang berarti kita akan dapat mempertahankan kewaspadaan kita dan efek sedatif akan berkurang.

Meningkatkan proses pembakaran lemak

Kopi juga berperan besar dalam mengurangi jumlah lemak tubuh yang dimiliki seseorang. Telah terbukti meningkatkan laju metabolisme tubuh dan membantu mempercepat pemecahan lemak dengan bekerja bersama kafein yang terkandung di dalamnya. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, itu ide yang bagus, dan minum kopi dapat membantu Anda mencapainya lebih cepat dan efisien daripada makan dengan benar dan berolahraga sendiri.

Meningkatkan performa fisik

Salah satu manfaat tambahan kopi adalah kemampuannya untuk meningkatkan kinerja fisik. Mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan performa seseorang dalam aktivitas fisik favoritnya, seperti lari atau angkat besi. Ini karena kandungan kafeinnya. Kopi ini akan menyebabkan peningkatan konsumsi lemak saat bertanding di ajang atletik. Karena penggunaan lemak sebagai media memasak, glukosa dari olfactory bulb akan digunakan lebih sedikit, sehingga mengurangi kemungkinan gangguan pencernaan. Ya, meskipun disarankan agar Anda hanya minum kopi satu jam sebelum berolahraga dan dalam dosis kecil.

Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Manfaat kopi dalam menurunkan diabetes tipe 2 dibahas lebih lanjut di bawah ini. Bukti dari meta-analisis tahun 2017 menunjukkan bahwa orang yang minum empat hingga enam cangkir kopi per hari memiliki risiko penyakit metabolik yang lebih rendah termasuk diabetes tipe 2.

Menurunkan risiko penyakit Parkinson

Masih mengandung sejumlah kecil kafein, kali ini manfaat kopi diklaim termasuk penurunan risiko penyakit Parkinson. Penyakit Parkinson sendiri merupakan penyakit saraf pada substansia nigra otak. Risiko terkena penyakit Parkinson lebih rendah pada orang yang minum kopi dalam jumlah sedang dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi sama sekali.

Mencegah penyakit Alzheimer dan dementia

Penyakit Alzheimer termasuk salah satu penyakit neurodegenerative yang dapat memicu terjadinya dementia. Biasanya penyakit ini terjadi pada lansia. Beberapa penelitian mengatakan bahwa peminum kopi memiliki risiko 65% lebih rendah untuk mengalami penyakit Alzheimer.

Menurunkan risiko penyakit hati (liver)

Salah satu dari sekian banyak manfaat kopi adalah kemampuannya untuk melindungi hati dari penyakit. Penyakit yang mempengaruhi hati termasuk hepatitis, gagal jantung, dan banyak lagi. Semua ini dan lebih banyak lagi dapat menyebabkan sirosis. Sklerosis jantung adalah suatu kondisi di mana jantung menjadi rusak akibat pertumbuhan pembuluh darah yang tidak normal. Ya, kopi bisa melindungi hati dari penyakit itu. Penelitian menunjukkan bahwa minum dua atau lebih cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko osteoporosis sebanyak 66 persen.

Menurunkan risiko depresi

Ternyata kafein dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Kafein memblokir molekul adenosin dan meningkatkan kadar neurotransmiter lain seperti dopamin dan norepinefrin. Molekul-molekul ini sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan mental dan fungsi mata. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan bahwa wanita yang minum empat cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko 20% lebih rendah terkena depresi. Dan juga berkurangnya risiko bunuh diri.

Menurunkan risiko penyakit kanker

Di bawah ini adalah beberapa manfaat kopi, termasuk kemampuannya untuk mengurangi kemungkinan berkembangnya kanker. Kanker seperti kanker payudara dan kanker kepala dan leher adalah contoh dalam konteks ini. Penelitian yang dilakukan terhadap 489.706 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi empat hingga lima cangkir kopi per hari memiliki risiko 15% lebih rendah terkena kanker kolorektal.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Secara teori, minum kopi bisa menaikkan tekanan darah, tapi hanya sedikit. Peminum kopi biasa tidak perlu khawatir mengembangkan berbagai gangguan peredaran darah karena kandungan kafeinnya. Peminum kopi, khususnya, dapat memperoleh manfaat dari minum kopi, karena terbukti dapat mengurangi risiko stroke sebanyak 20%. Hal ini terkait dengan kemampuan kopi untuk mencegah penyakit pencernaan.

Ini hanya beberapa dari banyak potensi manfaat kopi bagi kesehatan. Namun, keuntungan seperti itu tidak boleh didahulukan dari keselamatan. Kita juga perlu menyadari potensi kerugian konsumsi kopi beserta potensi manfaatnya.

 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

This Is The Oldest Page
Comments


EmoticonEmoticon